Literasi Baca

KLIK DISINI untuk menyukai !

BELAJAR RANGKAIAN ELEKTRONIKA - episode 2

RANGKAIAN ELEKTRONIKA

ALIRAN LISTRIK PADA RANGKAIAN ELEKTRONIKA

           Dalam suatu rangkaian ( beban/load) dengan sumber catu daya tertutup, umumnya kita pandang listrik mengalir dari sumber tegangan positif (source/V+) Catu daya masuk ke rangkaian dan dan listrik tersebut bermuara pada sumber tegangan negatif (common/Ground/Sink). apabila catu daya terbuka maka aliran akan terhenti.
lihat ilustrasi gambar dibawah:
RANGKAIAN BUKA DAN TUTUP SUMBER TEGANGAN


Jadi, apabila saklar terbuka maka lampu akan keadaan mati di karenakan aliran listrik terputus seperti pada Gambar A, sebaliknya apabila saklar tertutup maka lampu akan keadaan hidup di karenakan aliran listrik kembali mengalir Seperti Gambar B.

Komponen Elektronik

Rangkaian Elektorinik adalah rangkaian listrik yang memakai komponen-komponen elektronik. Komponen elektronik dibagi menjadi dua jenis yaitu komponen pasif dan komponen aktif. Komponen pasif yaitu komponen yang tidak dapat menguatkan dan menyarahkan sinyal listrik serta tidak dapat mengubah suatu energy ke bentuk  lainnya. Contoh komponen pasif yaitu : resistor, kapasitor dan induktor. Komponen elektronika pasif dapat di lihat pada gambar di bawah ini
jangan lupa klik berbagi.


Reactions

Posting Komentar

0 Komentar